Produk Binaan ZCD BAZNAS Uji PIRT Dinas Kesehatan

Setiap kelompok usaha tentu harus memiliki izin edar yang bertujuan untuk mempermudah segala hal yang berkaitan dengan pemasaran suatu produk. Pemasaran bisa menjadi sangat terbatas jika tidak memiliki izin edar. Hal inilah yang menjadi alasan utama setiap kelompok usaha harus memiliki izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) di setiap produk yang mereka hasilkan.

Selasa (15/8) Dinas Kesehatan berkunjung ke dua kelompok produksi binaan Lembaga Zakat Community Development (ZCD) di Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Adapun kelompok tersebut yaitu kelompok “Sido Manis” dan kelompok “Kembang Pisang”. Segala perbincangan yang berkaitan dengan kemajuan kelompok menjadi hal utama yang disorot. Dalam kunjungan ini dihadiri oleh 5 personil yaitu Luh Gede Laksmawati S.KM selaku Kepala Bidang (Kabid) Parmasi dan Gizi, Hj. Pahriati dari Dinas Kesehatan Lombok Utara, dan 3 orang lainnya.

Pada proses kunjungan ini, ada beberapa poin penting yang menjadi masukan untuk kelompok, yakni:

  1. Harus ada Standar Operasional Prosedur (SOP) tetap yang bertujuan untuk memastikan hasil produksi memiliki kualitas yang terjaga meskipun pelaku produsen berbeda.
  2. Dalam pengemasan produk perlu dicantumkan komposisi dan media social sehingga akan memudahkan pemasaran.
  3. Sumber mata air untuk produksi harus dipastikan bersih dan aman
  4. Pastikan anggota kelompok dalam keadaan sehat, tidak mengunyah makanan bahkan tidak merokok ketika proses produksi berlangsung
  5. Mencantumkan masa kadaluarsa dengan melakukan tes secara manual untuk mengetahui berapa lama produk bisa bertahan.
  6. Dinas Kesehatan menyarankan untuk memasarkan produk Mustahik di suatu lokasi atau toko yang strategis agar konsumen bisa dengan mudah mendapatkan produk yang diinginkan.

 

Dalam hal ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) hadir melalui Lembaga ZCD untuk melakukan pemberdayaan di bidang ekonomi. Segala masukan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan akan menjadi suatu saran untuk kemajuan usaha Kelompok mustahik. Selanjutnya, informasi PIRT akan dikomunikasikan kembali oleh pihak Dinas Kesehatan.