Semarakkan Idul Adha, ZCD BAZNAS Berdayakan Peternak Mustahik

Semarak suasana Hari Raya Idul Adha 1440 H masih terasa di beberapa wilayah hingga hari tasyrik ke-2. Selasa (13/8) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) melakukan kegiatan kurban di Desa Bringinsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dengan pemotongan hewan kurban.

Melalui program Integrated Farming System, kelompok mustahik yang terdiri dari 50 KK diberdayakan dengan melakukan pengembangan usaha ternak domba dan produk turunan peternakan. Pada momentum Idul Adha kali ini, melalui kegiatan Kurban Berdayakan Desa (KBD) hewan ternak yang dipelihara anggota kelompok mustahik dibeli langsung untuk menjadi hewan kurban yang selanjutnya akan disembelih dan didistribusikan. Total domba yang dibeli sebanyak 35 ekor dengan spesifikasi berjenis kelamin jantan, berbobot 25 kg dan telah diperiksa oleh Dinas Peternakan.  Pendistribusian domba-domba tersebut dilakukan ke beberapa desa di Kecamatan Sukorejo, diantaranya: 10 ekor didistribusikan ke Desa Bringinsari, 5 ekor ke Desa Tamanrejo, 5 ekor ke Desa Tampingwinarno, dan 10 ekor lainnya ke wilayah Kecamatan Patean. Sebanyak 700 KK mustahik ikut merasakan keberkahan dari kegiatan kurban kali ini.

Program ternak yang dicanangkan Lembaga ZCD BAZNAS di Desa Bringinsari membawa keberkahan tersendiri bagi para peternak, khususnya pada Hari Raya Idul Adha karena peternak semakin berdaya secara ekonomi dan mustahik dapat memenuhi kebutuhan gizi melalui daging kurban yang didistribusikan.

Program ZCD merupakan program pemberdayaan yang mengintegrasikan lima bidang, yakni: bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, kemanusiaan dan dakwah. Selain peternakan, program di bidang ekonomi lainnya adalah pengembangan usaha produksi olahan jambu melalui kegiatan pelatihan, support  alat produksi, pemberian modal usaha dan akses pemasaran produk.

Di bidang kesehatan terdapat penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis hasil kerjasama dengan Puskemas Kecamatan Sukorejo dan bidan desa. Selanjutnya, pada bidang pendidikan BAZNAS hadir dengan pelatihan peningkatan kapasitas guru dan pemberian beasiswa Pendidikan kepada 216 santri di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Bringinsari.