1. Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Deskripsi Program
  1. Dalam pelaksanaan program peternakan sapi terdapat kesalahan komunikasi antara Vendor dan BAZNAS. Saat pembuatan kandang belum selesai pihak vendor sudah mendatangkan 19 ekor sapi di Kampung Nurdin sehingga ternak diikat diluar.
  2. Pada 14 Februari 2019 telah dilaksanakan serah terima TPA hasil renovasi BAZNAS dan 20 ekor sapi (saat ini di lokasi masih 18 ekor) untuk 20 mustahik oleh Ketua BAZNAS Provinsi NTT kepada Ketua BAZNAS Kabupaten Alor.
  • Capaian Keberhasilan
  1. Ekonomi: Peternakan sapi yang terlaporkan sampai pada Bulan Juni 2019 terdapat 16 ekor sapi, dimana 2 ekor sapi mati dikarenakan sakit. Sampai saat ini kelompok masih belum terbentuk dikarenakan pendamping belum bisa mengumpulkan anggota kelompok.
  2. Sosial: TPA AL-JANNAH Kampung Nurdin, Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
2. Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur
  • Deskripsi Program
    1. Pembentukan dan penguatan kelompok nelayan melalui kegiatan pelatihan dan pertemuan rutin kelompok.
    2. Pelatihan pembuatan kapal nelayan berbahan fiber yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi nelayan sehingga dapat membuat dan merawat kapalnya secara mandiri.
    3. Pengembangan kelompok usaha produksi olahan ikan tuna dan cakalang. Kegiatan ini melibatkan istri nelayan yang dulunya tidak memiliki kegiatan ekonomi produktif.
  • Capaian Keberhasilan

Ekonomi :

  1. Bertambahnya pengetahuan dan keterampilan nelayan dalam membuat dan merawat kapal, sehingga akan mengurangi biaya perawatan saat terjadi kerusakan.
  2. Meningkatnya pendapatan nelayan dengan adanya modal 5 unit kapal, sehingga hasil tangkap tidak lagi dibagi kepada pemilik kapal (tengkulak).
  3. Sudah dibangun 1 buah Rumah Produksi sebagai pusat kegiatan kelompok usaha olahan hasil laut untuk  dapat memenuhi syarat sertifikasi PIRT dan halal.

Organisasi : Penguatan kelembagaan lokal melalui pembentukan koperasi. Koperasi yang diberi nama Jenilu Makmur Sejahtera ini telah memiliki badan hukum.

Spiritualitas: Meningkatnya spiritualitas masyarakat melalui aktifitas TPQ usia dini dan pengajian rutin mingguan.

3. Desa Mbuliloo, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur
  • Deskripsi Program
    1. Program Ecofashion tenun ini merupakan program pemberdayaan pengrajin tenun melalui pengembangan kelompok usaha tenun yang berfokus pada peningkatan kualitas dan perluasan pemasaran produk.
    2. Model kegiatannya meliputi pelatihan pembuatan dan merekam motif menggunakan kertas millimeter blok, pembuatan pewarnaan alam, pemberian asset produksi berupa peralatan dan bahan tenun serta manajemen pengelolaan bisnis secara sederhana.
  • Capaian Keberhasilan

Ekonomi :

  1. Adanya pengetahuan baru yang didapatkan melalui pelatihan pembuatan motif dengan menggunakan kertas millimeter blok, sehingga para pengrajin selain bisa membuat motif juga sudah bisa menterjemahkan motif yang sesuai dengan permintaan konsumen.
  2. Nilai jual tenun yang menggunakan pewarna alam meningkat sebesar Rp. 300.000 per lembar dari tenun yang menggunakan warna sintetis.
  3. menurunnya biaya pembelian bahan dengan digunakannya pewarnaan alami dari kunyit dan kulit kayu tingi.

Spiritualitas : Menurunnya angka buta huruf Al-Qur’an dengan diadakannya pengajian Al-Qur’an baik bagi anak-anak maupun ibu-ibu pengrajin tenun, dimana sebelumnya sebagian besar mereka tidak bisa membaca Al-Qur’an.

Leave a Comment